3246 Institusi adalah wadah munculnya impian, tujuan, dan langkah berikut bangsa. Belajar adalah proses menyusun pribadi dan menyadari daya diri. Wawasan bimbingan mengokohkan fungsi fasilitator sebagai penggerak dan pengarah, bukan sekadar pemberi tugas. Pendampingan yang dibangun atas kesadaran menghargai setiap peserta didik sebagai manusia yang berkarakter dan penting. 3246 Dengan pendekatan literasi, pengarah mampu memotivasi pelajar untuk mengidentifikasi pola pengembangan diri paling sesuai. Gunakan Inspiratif Dengan pengetahuan yang memuaskan, fasilitator dapat menjadi pendamping, bukan hanya penyampai materi. Literasi juga berarti kecakapan pembimbing dalam merancang bahan ajar dan pendekatan pembelajaran yang berdasarkan situasi. Fasilitator perlu terus memperdalam wawasan keahliannya untuk menghadapi masalah zaman. Melalui wawasan ini, mentor mampu menangkap kebutuhan individual setiap anak didik dalam jalannya menuntut ilmunya. Pendampingan yang berpengetahuan menekankan usaha belajar, bukan hanya output.